Saturday, March 1, 2008

Tips : Menggunakan String

Objek dari String sering sekali kita gunakan sehari-hari, bahkan mungkin di setiap class dari Java kita terdapat rutin yang menangani String.

Berangkat dari pengalaman pribadi, kita sering sekali suka salah dalam memanipulasi String ini sehingga tidak dapat memaksimalkan penggunaannya.

Mungkin beberapa tips sederhana berikut ini dapat membantu kita menghadapi "kesulitan" tersebut dan membuat kita lebih mengenal dan nyaman bekerja dengan String :)

 

Escape Character

Di dalam String kita dapat memasukkan sekuen dari karakter escape yang terdiri dari satu karakter back slash (\) diikuti oleh karakter escape tersebut.

Beberapa escape character yang sering digunakan adalah :
- \n untuk baris baru
- \t untuk tab
- \\ untuk karakter back slash (\) itu sendiri

Contoh:

Output:

Feris
feris

 

Membandingkan String

Membandingkan String di java tidak bisa menggunakan operator equals (==) tetapi kita harus menggunakan method dari String yaitu equals dan equalsIgnoreCase.

Sesuai dengan nama methodnya, equals digunakan untuk membandingkan objek String secara case-sensitive (huruf kecil dan besar dibedakan) dan sebaliknya equalsIgnoreCase digunakan untuk membandingkan String secara case-insensitive (huruf besar dan kecil tidak dibedakan).

Contoh :

Output :

false
true

 

Menggabungkan String (Concatenation)

Untuk menggabungkan string kita bisa menggunakan beberapa cara yaitu dengan menggunakan method concat maupun dengan operator + (plus) dan += (plus sama dengan).

Contoh :

Output :

Monasmonas
monas
Monasmonas
Monasmonas

 

Konversi Otomatis (Automatic Conversion)

Pada saat kita menggunakan concatenation (penggabungan) antara objek string dengan suatu nilai atau variable yang bertipe primitive (int, char, float, dsbnya) maka secara otomatis data primitif tersebut akan dikonversi menjadi string.

Contoh :

Output :

Angka 1 adalah angka pertama bilangan bulat positif
100 x 2 = 400

 

Mengganti Nilai String Sederhana

Untuk mengganti nilai text dari String cukup menggunakan method replace dari String.

Contoh :

Output :

Feris T.

1 comment:

Anonymous said...

nice info!